Festival Kesenian Yogyakarta 2010


Festival Kesenian Yogyakarta atau lebih familier sebutannya dengan FKY adalah event seni-budaya tahunan yang ada di Provinsi D I Yogyakarta, diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi D I Yogyakarta. Tahun 2010 ini FKY diselenggarakan untuk yang ke 22, dengan mengambil tema “Jogja Memang Istimewa” yang bermaksud bahwa seni tradisi dan kontemporer serta kreasi seni lainnya yang ada di Provinsi D I Yogyakarta, merupakan bagian dan faktor penunjang dari keistimewaan Yogyakarta.

FKY XXII akan di selenggarakan dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli 2010 dengan tempat penyelenggaraan di Alun-alun utara Keraton Yogyakarta sebagai tempat pembukaan FKY XXII, Taman Budaya Yogyakarta dan Benteng Vredeburg dan Puro Pakualaman.

Sub event yang akan dilaksanakan FKY XXII:

1. Pawai Budaya pada acara pembukaan di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.
2. Pagelaran Seni dan Tradisi di Taman Budaya Yogyakarta(TBY) dan Puro Pakualaman.
3. Pameran Seni Rupa di Benteng Vredeburg.
4. Pasar Seni yang di dalamnya ada panggung kesenian di Benteng Vredeburg.
5. Dialog Seni di Ruang Seminar TBY.

Pawai Budaya FKY XXII akan diikuti lebih dari 30 grup kesenian dan komunitas seni dari 5 kabupaten/ kota yang ada di D I Yogyakarta yang mengambil rute, start dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta-Jl. P. Senopati-Jl. Sultan Agung dan finish di Puro Pakualaman.

Pagelaran Seni dan Tradisi akan digelar di TBY: Kesenian Tari Tradisional dan kontemporer, teater, Wayang Orang, Pergelaran Sastra. Gelar Seni Pertunjukan Istana di Puro Pakualaman,dan pagelaran Gita Bahana Nusantara di Sekolah menengah Musik Yogyakarta dan SMK N II Kasihan Bantul.

Pameran Seni Rupa akan berlangsung dari tanggal 27 Juni sampai 7 Juli di Gedung-F Benteng Vredeburg, memamerkan berbagai karya lukisan, patung, instalasi dan lain-lain dengan format pameran kelompok, yaitu memamerkan karya-karya berbagai kelompok seniman yang ada di Yogyakarta.

Pasar seni, diselenggarakan di Benteng Vredeburg selama 1 bulan dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli dibuka dari jam 10.00 – 21.00 WIB dengan menggelar lebih dari 150 stand pameran yang terdiri dari stand utama sebagian besar produk kerajinan, lukisan, asesoris, batik, pakaian etnik, T-shirt, sovenir dan stand pendukung adalah Foodcourt FKY yang menampilkan makan khas Jogja seperti gudeg, jadah-tempe, bakpia dan lain-lain juga stand makan-minuman ringan lainnya.

Di dalam Pasar seni juga akan diselenggerakan panggung kesenian selama satu bulan yang akan menampilkan, seni tradisi seperti: macopat, kethoprak, tari, jathilan,wayang kulit dan lain-lain. Selain itu juga akan ditampilkan berbagai pagelaran musik: keroncong, rampak rebana, pop, dan berbagai penampilan group band yang ada di Yogyakarta. Yang lain dari tahun sebelumnya pada panggung Pasar Seni FKY XXII akan diselenggerakan Parade Band Indie.

Festival dan perlombaan: Selama FKY XXII akan diselenggarakan:
1. Festival Gandrung Kethoprak D I Y – Jateng tanggal 3 Juli 2010 di Panggung Kesenian, Benteng Vredeburg.
2. Festival Monolog D I Y – Jateng pada tanggal 6-7 Juli di Gedung Societet TBY.
3. Lomba Lukis untuk tingkat SD, SMP dan SMA/SMK kerja sama D I Y – Kyoto Jepang pada tanggal 27 Juni di Benteng Vredeburg.

Atmosfir FKY di sekitar Benteng Vredeburg akan lebih semarak dan meriah dengan pengunjung yang akan terus meningkat dari awal hingga akhir, dengan didukung program penyatuan kawasan Benteng Vredeburg, Taman Budaya Yogyakarta dan Taman Pintar. Apalagi waktu liburan sekolah sudah mulai pertengahan Juni hingga Juli, serta di akhir Juni hingga awal Juli Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah yang dihadiri para peserta dari seluruh Indonesia. Diharapkan dari publikasi penyelenggaraan FKY dan didukung daya magnetis kawasan Kraton Yogyakarta, Malioboro dan Benteng Vredeburg mampu menarik perhatian peserta Muktamar Muhammadiyah untuk berkunjung ke Pasar Seni dan menyaksikan Pagelaran Seni FKY.

jadwal FKY bisa dilihat , kalo kamu klik ini guys ...:DD

so , buat kalian yang bingung liburan kali ini mau kemana ?? i recommend this event , its fun to enjoy this awesome event !happy holiday everyone :))

source : www.fky2010.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HALAL BIHALAL KS 149

berta dewi nugraheni

self-reflection: valued or to be valued