fresh graduate (d)

menggunakan huruf 'd' di belakang kata graduate secara grammar menunjukkan bahwa kata tersebut merupakan bentuk lampau. benar lampau. lampau sudah wisudamu, tak kunjung datang kerjamu *prak. menjadi seorang fresh graduate bukan perkara yang mudah, karena di masa inilah semua konflik muncul, pencarian jati diri dimulai, sampai dengan pencarian calon mertua juga dimulai *hehe. perasaan ditolak perusahaan berkali-kali, berwirausaha yang tidak menimbulkan omzet, tuntutan orang tua, dsb muncul di masa menjadi seorang fresh graduate. pasti yang merasakannya akan merasa stress dengan hal-hal tersebut, lalu bagaimana mengelola stress tersebut menjadi sukses? satu kata kuncinya adalah berusaha. lalu seperti usaha yang bisa dilakukan? salah beberapanya adalah berikut ini:

1. diskusi dengan orang tua mengenai masa depan. 
    terkadang beberapa orang tua mempunyai keputusan yang sifatnya mengikat anak-anaknya, tapi tidak ada salahnya kan jika kita berdiskusi dengan mereka untuk masa depan kita. karena mereka yang pernah merasakan bagaimana kerja sehingga akan ada beberapa advice yang kemudian akan jadi pertimbangan kita.

2. tekuni hobi yang pernah 'mati' saat kuliah.
    hobi yang tidak tersalurkan saat kuliah dengan alasan tidak ada waktu karena mengerjakan beberapa tugas kuliah, tapi ketika sekarang banyak waktu luang kita justru menon-aktifkan hobi kita dengan alasan tidak bermanfaat, padahal dengan kita mendalami hobi kita, kita akan mendapatkan passion kita lebih dalam, dan di setiap passion yang kita dapati terdapat kesempatan yang bergelimangan, siapa tahu mereka yang bermusik bisa membuat lagu baru yang bisa dijual, anything can be happen whatever and whenever.

3. mencari kesempatan magang.
sambil menunggu panggilan kerja lebih baik kita berusaha melamar magang di perusahaan-perusahaan. dari magang itu terdapat learning process yang akan membuat kita memiliki tambahan pengetahuan dan wawasan mengenai dunia kerja, yang tentunya akan berpengaruh ke pilihan kita kelak.  dan ketika magang itu selesai kita juga akan mendapatkan pengalaman yang berfungsi banget ketika kita mendaftar di perusahaan.

4. berwirausaha juga boleh.
jika tidak suka magang, maka kita bisa mencoba berwirausaha dengan belajar menjual barang-barang yang kita suka dan paham akan detail barang tersebut. misalnya jika anda wanita mulailah dengan menjual hal-hal berbau fashion sementara jika anda laki-laki bisa memulai dengan bisnis alat musik atau aksesoris kendaraan, hal tersebut akan mengasah kita dalam hal manajerial mulai dari planning sampai dengan controllin dan semakin membuat kita paham akan proses-proses bisnis yang dijalankan.

5. kursus untuk meningkatkan kemampuan.
berbagai kursus sekarang tersedia di mana-mana. mulai dari kursus yang sifatnya kewanitaan sampai dengan kelaki-lakian, tentunya dengan biaya terjangkau yang membuat kesempatan kita untuk belajar terus bertambah dan itu sangat menyenangkan, karena otak kita tidak akan beku namun terasah untuk keterampilan yang baru.

nah, disamping kelima solusi tersebut perlu juga penyeimbangnya yaitu doa kepada Tuhan YME, Tuhanlah yang menentukan segalanya setelah manusia berusaha. tuhan tidak pilih kasih dalam memberi, jadi teruslah berusaha untuk merubah nasibmu Fresh Graduate (d)!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HALAL BIHALAL KS 149

self-reflection: valued or to be valued

the meaning of life