Tuesday, February 23, 2021

Re-touch your mind : Cara memperbaiki pikiran negatif



Seringkali kita berpikiran negatif untuk banyak hal, yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.
bisa jadi kita berpikir negatif untuk masa depan kita, takut bahwa segala sesuatu tidak akan terjadi sesuai kehendak kita. Berpikir negatif Takut orang tidak bisa menerima kehadiran kita, ide / gagasan kita.

Beberapa sahabat sering bercerita tentang bagaimana stress melanda mereka, setelah dirunut-runut ternyata mereka tidak menyadari bahwa apa yang ditanamkan ke dalam pikiran adalah hal-hal yang berbau negatif. Otak kita dipaksa untuk menanggapi segala sesuatu dengan 'negative ways' semua yang hadir dalam hidup kita adalah rintangan. Padahal tentu disanalah kadang peluang berasal.


Saya selalu mengatakan kepada teman-teman saya "Please ini saatnya kamu me retouch your mind, indahkan pikiran kamu , rapiin, dan ayok hias-hias dengan yang baik/ positif".
Saran-saran yang sering Aku sampaikan ke temen-temenku itu adalah :

1. Journaling / Writing
    Lagi-lagi ini adalah andalanku untuk menuliskan seluruh emosi, peristiwa hidup, dan lain-lain supaya 
     kita dapat melihat apa yang sebetulnya terjadi, apa yang tubuh, pikarna ini rasakan di setiap harinya. dari situ sebetulnya kita tahu ketika ada kejadian apa respon kita seperti apa. Dan it made me shock ternyata bener-bener negatif ways itu berkeliling2 di kepala kita. 

2. Mengumpulkan Niat
    Nah, untuk kita melakukan re-touch ini kita harus mengumpulkan niat untuk berubah, jika sudah berniat sungguh untuk menjadikan diri kita lebih positif, pasti nanti akan dimudahkan prosesnya, karena kita sudah punya modal yang besar.

3. Saatnya me-retouch
    setelah kita menuliskan emosi-pikiran yang muncul ketika terjadi peristiwa tertentu, saatnya kita melakukan retouch, dengan cara apa dengan memberikan attribut-atribut indah, cantik di pikiran/ emosi itu,misal kita kepikiran masa depan kita akan suram, nah itu kita switch menjadi masa depan ku (mungkin) akan suram tapi hanya sebentar 3 bulan saja, selain waktu itu aku orang yang sukses, wealthy dan lain-lain.

4. Setting Up jadwal Retouch
    Ada kalanya dalam seminggu sekali kita melakukan retouch ke pikiran kita, bisa kita evaluasi seminggu ini misalnya, kita ngerasa overwhelmed banget sama semua kerjaan, luangkan waktu di weekend kita re-touch pikiran kita, misalnya (minggu lalu banyak kerjaan yang bikin capek, deadline ngga tercapai, tapi aku jadi belajar tentang …. dan terpacu supaya minggu besok bisa kerja lebih cepat)

5. Create your boundaries 
    Supaya sukses, kita harus bikin batasan. Batasan kapan kita diperbolehkan berpikir negatif, kapan kita harus menyalahkan diri sendiri, dan batasan dengan siapa kita harus bergaul supaya kita mendapat lingkungan yang positif. 


Itu adalah 5 tips yang sering aku share ke Sahabat-sahabat yang sering merasa stress dan ternyata penyebabnya adalah sudah 'ter-otomatisasi menjadikan apapun yang datang sebagai rintangan'
I hope you guys bisa melihat hal-hal baik di balik peristiwa hidup kita. Aku percaya bahwa hal-hal baik yang terjadi di bidup kita itu source-nya yaa happy mind.

Stay happy and healthy anytime yaaa


xoxo,



Post a Comment