ternyata o ternyata

suatu hari di salah satu kelas mata kuliah yang saya ambil, seorang dosen memaparkan tentang hasil penelitiannya yang dia lakukan di Indonesia ,ya tentang sesuatu yang umum berkaitan dengan masalah anak-anak itu. dan yang agak mengejutkan adalah ketika si dosen berkata "penelitian saya ini sudah saya presentasikan ke australia,swedia,blablabla" yang pada intinya di luar negeri. dan sontak semua mahasiswa yang ada di kelas tersebut takjub dan menganga (terserahlah namanya apa) pada kehebatan penelitian si dosen tersebut.

tapi saya?
saya justru me-reverse semua pemikiran teman saya itu, saya tidak takjub ataupun menganga sekalipun, yang ada di pikiran saya hanya "apa yang bisa dibanggakan??"
oke anda hebat bisa melakukan penelitian yang bisa membuat takjub di luar negeri , tapi di Indonesia? apa sudah membuat takjub rakyat kita sendiri?

ini subjektif saya: sebagai seorang warga negara yang baik justru seharusnya kita bangga ketika kita bisa merubah keadaan atau setidaknya memberikan kontribusi utuh bagi bangsa. bukan dibanggakan di luar negeri tapi tidak memberikan impact kepada bangsa.

dan pertanyaan besarnya adalah "MAU DIBANGGAKAN APANYAAAAAA?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HALAL BIHALAL KS 149

berta dewi nugraheni

self-reflection: valued or to be valued