world's changing

thought ini baru muncul waktu saya mau tidur ..
entah mungkin cuma sebentuk refleksi dari apa yang telah diamati oleh mata, didengar oleh telinga, tercium oleh hidung ,dan blablabla
saya berpikir seperti ini
jika saya diberikan kesempatan untuk mengubah dunia atau yang paling kecil indonesia , apa yang bakal saya ubah ?

*jrengjrengjreng ...saatnya berimajinasi ;)

jika kesempatan itu benar-benar ada , hal utama yang ingin saya ubah adalah dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Indonesia , kenapa nggak sumber daya alamnya ?
dalam benak saya SDA ciptaan Allah SWT, tapi bagaimana melindungi serta memanfaatkannya itu juga tergantung dengan SDM yang ada . SDM yang cenderung berperilaku konsumtif ato memanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan publik itulah yang akhirnya merusak semuanya.

back to the topic

kenapa SDM? bisa dilihat sebenarnya Indonesia mempunyai SDM yang melimpah , nggak kalah sama SDA nya . hampir semua penduduk berjejalan mencari tempat untuk berteduh, sampai akhirnya mereka terpakasa memilih untuk hidup di jalanan mengemis atau hanya mengamen.
lalu?
perubahan yang akan saya lakukan disini akan saya lebih tekankan ke generasi muda sendiri, masalahnya dilihat dari segi umur dan emosi , mereka yang punya persuasi tinggi serta semangat yang masih menggebu-gebu dan menurutnya saya belum terlambat untuk mengubah mindset seorang remaja ,karena mereka masih mencari jatidiri.

perubahan pertama : saya ingin meyakinkan mereka bahwa mereka mempunyai bakat yang luar biasa
mungkin ini adalah hal sepele , tapi meyakinkan orang bahwa mereka mempunya something special saya rasa akan menigkatkan self esteem mereka ;). apabila kita dihadapkan dengan seorang pengamen , banyak orang tahu bahwa nggak semua orang bisa main musik , tapi pengamen jalanan itu bisa.

perubahan kedua : meyakinkan mereka bahwa mereka dicintai oleh bangsa Indonesia
kalo kita merasa nggak dicintai oleh bangsa sendiri , kenapa harus bertahan tinggal disini?
bagaimana cara meyakinkannya? dengan cara mensyukuri keadaan yang ada sekarang , seperti saya ini saya bisa kuliah di universitas terbaik tandanya Indonesia masih cinta saya ,karena ga perlu pergi ke luar negeri buat cari ilmu.

perubahan ketiga : membuat semuanya mencintai dan mengenal dekat dengan Indonesia
orang ditanya ada berapa provinsi di indonesia?jawabannnya pada nggak tahu ,mengarang jumlah dan blablabla.. nhah inilah yang membuat manusia Indonesia tampak bodoh di kalangan luar. manusia Indonesia sendiri nggak ngerti kebudayaan negaranya ,apakah itu cinta indonesia?
saya ingin mengadakan kamp untuk anak-anak dan remaja yang isinya perkenalan kebudayaan
selain itu ada juga duta sekolah untuk kebudayaan .

dengan mencintai dan mengenali Indonesia secara mendalam ,dijamin Indonesia akan lebih maju
kultur Indonesia yang ketimuran berbeda besar dengan arus barat yang sekrang sedang meluncur masuk ke Indonesia secara bebas, yang oleh remaja sendiri tanpa pengawasan justru diikuti perkembangannya..lalu siapa yang akan mencintai dan membela Indonesia jika kita terus-terusan menganut dunia kebaratan?

thats all folks,
stay tuned please
ninda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HALAL BIHALAL KS 149

berta dewi nugraheni

self-reflection: valued or to be valued