pelajaran tentang bahasa indonesia

indonesia..indonesian..indonesse.. dan bahasa indonesia
dari waktu ke waktu mengalami perubahan baik ejaan yang disempurnakan atau apalah itu ,intinya memperbaiki bahasa..
tapi di waktu sekarang ini, dimana anak SMP sudah bisa dan diperbolehkan menyetir mobil .. anak SD bawa handphone dan komputer dan semua barang elektronik bukan merupakan sebuah tanda kemewahan.. bahasa indonesia juga seakan-akan terlarut ke dalam hebatnya teknologi yang diciptakan manusia
gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar..
baik dan benar ? maksudnya?
pertanyaan yang bagus bagi seorang warga negara indonesia.
pernah saya ke sebuah rumah makan ,di sana saya duduk disebelah keluarga yang terdiri dari ayah-ibu dan 2 anak yang mungkin berumur 7/6 tahun.. ketika saya duduk dan menunggu pesanan, sedikit saya terkejut ketika si anak mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa inggris ..bahkan sama sekali dia nggak berkata dalam bahasa indonesia

pikiran pertama saya : ini orang memang seorang bule ,,atau WNA
pikiran pertama saya ditangkas oleh pembuktian dari ucapan sang ayah dan ibu ketika saling berbicara ,mereka bahkan menggunakan bahasa daerah ..
pikiran kedua : mungkin mereka WNI tpai tinggal di luar negeri
ini juga harus ditangkas oleh suatu benda yang menunjukan bahwa di aadalah murid dari sekolah yang ada di daerah ini..

saya benar-benar takjub melihat itu semua sampai-sampai ibu saya sendiri bilang " tu dek kamu kalah , anak kecil aja udah cas cis cus ngomong inggerisss..."
yup, memang mungkin kemampuan saya jauh dari anak kecil tersebut ,
tapi setelah diamati secara dalam .. saya merasa miris ketika berpikir bahwa kalau generasi paling mdua seperti anak kecil ini saj asudah tidak berbahasa indonesia , lalu bagaimana tuanya nanti , dan yang paling parah bagaimana Indonesia nanti .. dan kemudian saya juga berpikir apakah ini penjajahan secara kecil-kecilan?
bangsa indonesia memiliki bahasa indonesia sebagai penyatu dari semua daerah .. mau padang,jokja,jatim,papua.. tapi ketika anda atau kita berada di luar negeri dan kita mengucapkan sebuah kata dlaam bahasa indonesia pastinya orang yang sama-sama indonesia akan merasa memiliki kita, dalm artian bahwa kita saudara setanah air. berbeda dengan mereka yang tidak mengenal bahasa indonesia, ketika mereka di luar negeri mereka merasa bahwa "there's no one in here.." padahal pastinya ada orang indonesia yang tinggal disana.
lagi-lagi orang tua dalam hal ini memiliki peranan yang sangat penting dalam mendidik anak agar memiliki rasa nasionalisme ..
ketika dari kecil sudah dididik untuk mengerti bahasa indonesia yang benar dan penggunaannya secara tepat saya rasa filterisasi terhadap bahasa asing pun akan terjadi , meskipun bahasa asing lebih dibutuhkan dalam komunikasi global tapi tetap saja bahasa induk menjadi yang nomer satu. bagaimana caranya menjadikan bahasa kita dicintai dan dihargai bukan untuk dirubah-rubah menjadi bahasa yang sangat alay dan aneh . ? buatlah media semenarik mungkin..
bisa kita adakan camp bahasa indonesia .. lalu siaran-siaran tivi mulailah menggunakan unsur-unsur kata yang baik ,mungkin terliaht kurang gaul bagi kalangan remaja, nhah inilah tantangan dimana kita harus membalik keadaan supaya remaja yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar merasa tidak gaul. meamng dalam konteks ini kita harus menyadarkan banyak orang agar berbahasa secara baik . dari atas ke bawah dari tukang batu sampai ke presiden .. tapi menurut saya , hal yang sangat efektif adalah dengan cara modelling . siap atokoh panutan masyarakat, kaum remaja ,atau-atau ibu-ibu .dengan dia kita membuat si model ini menggunakan bahasa yang baik, maka apapuun yang dilakukan oleh model tersebut akan di tiru oleh orang lain ,, nhah dari situlah mungkin akan bisa terwujud...
mungkin terlihat subjektif karena terlalu ke-saya ..
tapi
yasudahlah
ini hanya opini dari seorang mahasiswa yang melek keadaan

LOVE INDONESIA,
cuups

Komentar

Anonim mengatakan…
Amiable fill someone in on and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Gratefulness you on your information.
aninda arlitasari mengatakan…
thank you
good luck for yout assignment!

Postingan populer dari blog ini

HALAL BIHALAL KS 149

self-reflection: valued or to be valued

the meaning of life